Gili Trawangan Lombok

Tempat wisata di lombok - Gili adalah sebutan untuk pulau kecil di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Gili Trawangan Lombok, terletak di kabupaten Lombok Utara merupakan pulau yang terbesar diantara dua pulau kecil lainnya(Gili Meno dan Gili Air) atau saat ini lebih dikenal dengan sebutan Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air). Ketiga Gili tersebut terletak di sebelah barat laut pulau Lombok. 


gili island

Gili Trawangan Lombok merupakan satu-satunya Gili yang memiliki dataran lebih tinggi diantara Gili yang lainnya, dan memiliki panjang 3 km serta lebar 2 km. Gili Trawangan Lombok memiliki populasi sekitar 800 jiwa dengan suku asli Sasak banyak juga pendatang yang berasal dari berbagai daerah di pulau Lombok dan bagian yang paling padat populasinya terletak disebelah timur Gili Trawangan Lombok.



Akses Menuju Gili Trawangan Lombok

Untuk menuju Gili Trawangan Lombok ada berbagai alternatif yang bisa ditempuh, diantaranya adalah :

gili trawangan lombok


A. Bandara Internasional Lombok (BIL)

Apabila Anda berasal dari luar daerah pulau Lombok, dan menggunakan mode transportasi pesawat terbang. Maka akses menuju Gili Trawangan Lombok, bisa ditempuh dengan beberapa pilihan, diantaranya menggunakan :


gili trawangan lombok
Bandara Internasional Lombok (BIL)

  • Taksi Bandara
  1. Pantai Senggigi, kemudian diteruskan dengan menyewa speed boat menuju Gili Trawangan Lombok. Biaya sewa speed boat sekitar Rp. 500.000,- untuk sekali jalan dan bisa di isi sampai 8 orang.
  2. Pelabuhan Bangsal, yaitu pelabuhan tempat menyebrang menuju Gili Trawangan Lombok dengan menggunakan Public Boat maupun speed boat. Karcis public boat Rp. 15.000/orang untuk sekali jalan dan karcis speed boat Rp. 70.000/orang untuk sekali jalan. Karcis bisa dibeli di loket yang terdapat di area Pelabuhan bangsal sekaligus tempat untuk menunggu keberangkatan.
  3. Teluk Nare, hampir sama seperti pantai Sengigi untuk menyebrang menuju Gili Trawangan Lombok bisa menyewa Speedboat dengan harga berkisar Rp. 500.000,- untuk sekali jalan.


    • Bis Damri, dengan rute sebagai berikut:
    1. Bandara Internasional Lombok (BIL) -> Pantai Senggigi, waktu tempuh : ± 1,5 Jam. Tarif : Rp.  25.000,- Jam Operasional : 03.00 WITA s/d 20.00 WITA (berangkat setiap 2 jam).
    2. Bandara Internasional Lombok (BIL) -> Terminal Bis Mandalika Mataram, waktu Tempuh : ± 1 Jam, Tarif : Rp.  20.000,- Jam Operasional : 04.00 WITA s/d 19.00 WITA (berangkat setiap 1 jam). Bagi Anda yang senang backpacker bisa menggunakan rute menuju Terminal Bis Mandalika, kemudian meneruskan dengan menggunakan Elf jurusan kota Tanjung (Lombok Utara). Berhenti di gapura pelabuhan Bangsal, kemudian meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1KM menuju pelabuhan Bangsal atau dengan menggunakan transportasi tradisional yang di sebut Cidomo (delman).



      Baca Juga : How to Getting Lombok

      B. Terminal Bis Mandalika

      Apabila menggunakan bis dari luar daerah pulau Lombok, maka akan berhenti di Terminal Mandalika. Untuk menuju Gili Trawangan Lombok, bisa ditempuhkan dengan menggunakan elf yang menuju kota Tanjung (lombok utara). Sama seperti yang diuraikan diatas dengan menggunakan bis damri.

      C. Pelabuhan Benoa Bali


      gili trawangan
      Fast Boat dari Tanjung Benoa, Bali menuju Gili Trawangan Lombok

      Ada beberapa speed boat ukuran besar yang langsung menuju Gili Trawangan Lombok. Untuk harga karcis menuju Gili Trawangan Lombok berkisar Rp. 450.000,- sampai Rp. 700.000,-/ orang sekali jalan bervariasi harganya tergantung jenis fastboat dan operator. 


      Akses Menuju Gili Trawangan Lombok


      Untuk menuju Gili Trawangan apabila ditempuh lewat jalur darat ada dua pilihan, yaitu melalui Bukit Pusuk atau melalui Bukit Malimbu. Kedua jalur ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.
      • Bukit Pusuk atau yang dikenal dengan monkey forest. Dataran tinggi dengan jalan yang berkelok-kelok dengan jalan yang relatif kecil, menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan layaknya perbukitan. Masih di dominasi oleh hutan hujan dimana banyak terdapat monyet yang berkeliaran di sepanjang pinggir jalan, yang menantikan untuk diberi makanan dari para pengguna jalan yang melintasi Bukit Pusuk ini.

      bukit pusuk



      • Bukit Malimbu dilalui melewati pantai senggigi menuju ke utara. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai disepanjang perjalanan, jalan raya relatif sangat bagus dengan aspal hitam dan jalanan yang lebih lebar dibandingkan melewati Bukit Pusuk. Anda bisa berhenti sejenak di Bukit Malimbu untuk mengabadikan moment perjalanan Anda dengan background ketiga gili yang terlihat dari Bukit Malimbu.
      gili trawangan

      Kami sarankan untuk mencoba kedua jalur tersebut, dengan pilihan pergi ke Gili Trawangan melewati Bukit Pusuk dan pulangnya melewati jalur Bukit Malimbu. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi mobil atau motor, di pelabuhan Bangsal ada beberapa lokasi parkir yang disewakan untuk para pengunjung. Dengan harga yang relatif murah, kendaraan Anda aman dan dijaga oleh para pengelola parkir kendaraan.


      gili trawangan

      Setibanya di Gili Trawangan Lombok, Anda akan disambut dengan jernihnya air laut serta pasir putih yang lembut. Mengundang Anda untuk segera menikmati suasana pantai Gili Trawangan. Untuk Anda yang ingin snorkeling di sepanjang pinggir pantai ada beberapa stand yang menyewakan alat snorkeling lengkap dengan pelampungnya. 


      gili trawangan

      Atau hanya ingin sekedar berenang atau bermain air, Gili Trawangan relatif aman karena ombaknya yang tidak besar. Cocok bagi Anda yang membawa buah hati untuk sepuasnya bermain air atau bermain pasir, tapi tetap harus Anda awasi.


      gili trawangan

      Gili Trawangan Lombok punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Gili Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.


      gili island

      Di Gili Trawangan Lombok (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo atau delman, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. 


      gili trawangan lombok

      Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.



      Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

      Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan. Kegiatan paling favorit dari para wisatawan di Gili Trawangan yaitu Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar.




      Previous
      Next Post »